Wednesday, April 4, 2012

Cerita Tentang Kejujuran

Hari yang cerah untuk pergi ke kampus. Tapi, bagiku ini hanyalah hari yang seperti biasa. Berangkat ke kampus, duduk di ruangan, mendengarkan materi yang disampaikan dengan dosen, sambil bercanda juga dengan teman. Kelasku emang terbilang cukup berisik. Banyak yang ngobrol sana sini, main apa juga gatau, ada jugayang diskusi tentang pelajaran mungkin. Dosen pun sudah memperingatkan berkali kali agar tidak berisik. Suatu saat tiba tiba salah seorang teman di kelas menyeletuk "teman-teman siaga satu!" ruangan pun menjadi hening. Dia melanjutkan "kita sudah diperingatkan untuk tidak berisik oleh dosen, jadi mohon untuk jangan berisik lagi" satu kelas pun terdiam dan melanjutkan mengerjakan soal yang telah dikasih.


Okeh, ganti gaya bahasa yak. Susah euy, make gaya yang diatas. Informal ajalah ya~ tapi itu beneran terjadi. Ceritanya kita lagi ngerjain soal yang dikasih dosen. Dosennya nyuruh supaya mikir sendiri dulu supaya ga berisik. Tapi apa mau dikata, tetep aja berisik. Tiba tiba temen gw bilang siaga satu. Anjir gw kaget. Jantung gw mau copot! Gimana ga kaget coba, Gw kira ada gempa atau apa gituh. Ternyata siaga satu karena berisik. Tapi bener juga sih. Akhirnya gw merenung sambil lanjut ngerjain soal yang gw ga ngerti. Temen gw yang satu ini emang rada aneh (maaf yak). Dia itu pendiem. Gw juga ga tau kenapa dia sering banget sendirian di pojok kelas tanpa ngobrol atau apa. Dia juga sering tiba tiba nyeletuk kaya tadi yang langsung dalem banget. Gw ga ngerti juga kenapa.


Gw masih ga ngerti juga ada apa sih dengan hari ini? Setelah kaget akan temen gw yang itu. Ada cerita lagi di pagi hari ini yang ga kalah kerennya. Tadi kan settingnya lagi belajar fisika. Sekarang lagi belajar kalkulus. Pelajaran kalkulus dimulai dari jam sembilan. Seperti biasa dosen udah nerangin panjang lebar tiba tiba dsteng seorang temen gw yang lain (beda dari yang tadi) masuk ke ruang kelas. padahal waktu itu udah jam setengah sembilan. Berarti udah sekitar setengah jam dia telat dan dia juga gak ikut kuliah fisika yang tadi. Dosen nanya sama dia kenapa dia terlambat. Dia jawab dengan jujur kalo dia telat bangun karena malemnya abis nonton bola. Setelah terlibat pembicaraan dengan dosen tersebut akhirnya ia dipersilahkan duduk. Perkuliahan berjalan lancar hingga suatu saat dosen gw ngasih soal di papan tulis dan temen gw yang tadi terlambat di suruh ngerjain di depan. Setelah maju ke depan ia bingung untuk mengerjakan soal tersebut bagaimana. Terus dosen gw nanya ke dia kenapa dia ga ngerti, emang apa aja yang dilakukan di kelas sampe ga ngerti. Dia jawab dengan jujyr kalo dia di kelas kerjaanya main, ngobrol sama temen, dan lain sebagainya. Dosen gw bilang ke dia "kalo gitu kenapa ga di luar aja? Lebih nyaman buat ngobrol sama main". Dosen gw nanya lagi ke dia "jadi kamu mau tetap disini atau mau keluar?". Sekelas pun kaget dengan pertanyaan itu. Setelah beberapa lama dia menjawab "saya ga bisa langsung berubah, jadi saya keluar aja bu". Gw pun terpana dengan jawaban itu. Yang lainnya juga terpana sepertinya. Disaat seperti itu dia bisa dengan jujur kalo dia ngobrol lah, main lah, ata apalah. Dan dia bisa terima konsekuensinya seperti apa. Njir, keren abis! Akhirnya ia keluar dari kelas. Semua terdiam. Setelah itu dosen bercerita bahwa ia kagum akan kejujurannya. Itu menjadi pelajaran moral buat kita juga. Walaupun kita berbuat salah kita harus tetap jujur. Kita bisa ngarang banyak alasan dengan cara berbohong. Tapi itu malah lebih memperparah keadaan juga. Lebih baik utarakan secara jujur ga usah pake berbohong. Kalo semua orang berkata jujur udah pasti dunia akan damai.

Epilog, pas sorenya pelajaran PTI temen gw dateng ke kelas langsung ditepukin sama orang sekelas atas apa yang ia perbuat. Keren coy! Lanjutkan!

mohon maaf bagi temen temen gw yang gw sangkut pautkan ke cerita ini. Tapi emang kalian emang keren! Mantap! Mohon maaf juga pada pembaca jika kurang berkenan

Terima kasih

Wassalamualaikum

Published with Blogger-droid v2.0.4

0 komentar:

Post a Comment

Selamat datang di blog saya..... Mudah-mudahan blog ini bermanfaat....